Minggu, 24 Januari 2010

Sudah Dekatkah Kiamat??..

Sahabat pengunjung SAUNG HIJAU PAWEWET yang berbahagia,...

awal tahun ini kami sekeluarga berlibur ke Banjar Masin, ceritanya pawewet dan keluarga mendapat jatah libur akhir tahun,..dari perusahaan,... sudah menjadi kebiasan kami, jika ke kota pasti mampir ke Mall, maklum biasa di hutan,..he.he...maka masuklah kami ke satu Mall terbesar di Banjar Masin yaitu Duta Mall Banjar masin.

Dalam kesempatan ini, tak kami lewatkan berkunjung ke toko buku, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke yang satu ini,..lihat sana, lihat sini,...pegang sana pegang sini...

Ada satu fenomena menarik,.. yaitu maraknya buku tentang tahun 2012, ramalan kejadian hari kiamat, buku ini termasuk dlam jajaran best seller, buku bertema ini bukan hanya satu, beberapa buku bertema sama di pajang, di bagian depan, sehingga pertama kali dilihat oleh mata pengunjung adalah deretan Buku-buku ini.

Yang menarik adalah buku bertema ini, mendapat predikat best seller, artinya buku yang terjual banyak, hal ini menunjukkan bahwa interest masyarakat akan tema ini besar, mungkin hal inilah yang menjadikan pengelola toko buku ini menempatkan deretan buku ini tepat di pintu masuk tokonya.

gejala ini menunjukkan bahwa masyarakat modern saat ini, pada dasarnya haus akan informasi ilahiyah, diakui atau tidak diakui, oleh orang modern saat ini, rasa pengakuan akan "kekuatan diluar manusia" adanya kekuatan lain selain kemampuan diri manusia, masih ada bahkan sangat besar. terbukti sudah, begitu ada sebuah informasi tentang "kekuatan diluar mansia" seperti hari kiamat, serta merta berbondong orang ingin mengetahuinya.

Yang jadi persoalan sekarang adalah apakah informasi yang sampai kepada mereka adalah dari sumber yang baik dan benar, atau dari sumber yang salah. jika info tersebut bersumber dari sumber yang baik, dan benar seperti Alqur'an, hadist, dan ijma' serta kias dari para ulama, akan menggiring pemahaman masyarakat akan aqidah yang baik dan benar, namun sebaliknya jika yang sampai dari sumber yang salah, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan aqidah umat.

Sahabat pengunjung Saung Hijau Pawewet yang budiman,..

Penasaran Pawewet membuka salah satu buku best seller tersebut, buku yang berpenampilan sangat elegan, cover yang indah menyelimuti buku ini, kertas yang bermutu menjadi bagian buku ini halaman demi halaman, namun setelah pawewet baca buku ini, Astaghfirullah,..jauh sekali isi buku ini dengan informasi dari Allah dan rasulNYA,..

Dalam buku tersebut jelas sekali di gambarkan bahwa yang dikatakan hari kiamat akan tiba di tahun 2012, suatu jangka yang sangat konyol,..mendahului kuasa Allah SWT,
padahal telah jelas dalam Alqr'an bahwa persoalan hari kiamat hanya diketahui oleh Allah SWT sendiri, jadi tidak ada seorangpun yang dapat mengetahuinya, baik dari kalangan makhluq apapun apakah ia seorang Nabi/Rasul ataukah ia seorang malaikat sekalipun. Dalam hal ini Allah SWT berfirman dalam Alqur'an "Sesungguhnya disisi Allah itu sajalah ilmunyauntuk mgetahui saat tibanyahari kiamat,Allah pula yang menurunkan hujan dan maha mengetahui apa yang didalam rahim ibu." Q.S Luqman:34.

Bukan zaman sekarang ini saja manusia penasaran akan persoalan ini, para sahabat dizaman Rasulullah SAW, sudah sama menginginkan untuk mengetahui persoalan yang pelik ini, Mereka bertanya pada beiau, bahkan ada yang bersikap sangat mendesak, tetapi Allah SWT,memerintahkan kepada beliau agar hal itu dikembalikan saja semata-mata kepada Allah belaka dalam surat Fushilat ayat 47 Allah SWT berfirman, kepada Allah jualah dikembalikan pengetahuan perihal saat tibanya hari kiamat itu".

Soal jawab tentang tibanya hari kiamat itu tercatat dalam Alqur'an sebagaimana firmanNYA dalm surat Al A'raf ayat 187: "Orang-orang sama bertanya kepadamu Hai Muhammad tentang hari kiamat, bilakah itu datangnya?", Katakanlah pengetahuan tentang hari kiamat itu disisi Tuhanku tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktunya selain dari Tuhan, berat sekali pengetahuan itu untuk semua penghuni langit dan bumi, ia tdak akan datang padamu semua melainkan dengan cara yang tiba-tiba saja. mereka bertanya padamu seolah-olah engkau dapat menerangkan , Katakanlah pengetahuan tentang hari kiamat itu disisi Tuhan tetapi kebanyakan manusia memang tidak mengetahuinya.

Menilik zahirnya ayat-ayat yang ada, jelaslah sudah Rasulullah SAW sendiri juga tidak mengetahui secara pasti kapan saat tibanya hari kiamat itu. Salah satu Buku itu menyebutkan bahwa diyakini Th 2012 karena tahun tersebut, adalah jatuhnya perhitungan oleh suku maya, dalam meyakini hal ini, sebaiknya kita
cari sumber yang shohen, dan bisa dipertanggung jawabkan


Ibnu Hazam berkata, kita kaum muslimin tidak dapat menentukan dengan memggunakan hitung-hitungan yang biasa kita kenal di dunia ini. Apabila ada orang yang mendakwakan dan memberikan perkiraan, atau ralamalan maka orang-orang itu sebenarnya hanya mengarang belaka, dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

yang terpenting adalah keyakinan bahwa semua ini, langit dan bumi, danseluruh isinya adalah tidak kekal semua ada akhirnya, dan khusus untuk kita telah disediakan balasan atas apa yang kita usahakan di dunia ini, maka perbanyaklah bekal menuju kesana.

Maka setelah membolak-balik isi buku ini, sambil menarik nafas dalam, pawewet letakkan kembali pada tempatnya, kemudian berlalu tanpa menoleh kembali pada rak deretan buku-buku itu....


Rujukan:
1. Alqur'an
2. Aqidah Islam, Sayid Sabiq,CV diponegoro Bandung.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar