Rabu, 31 Juli 2013

Kuda-kuda Beksi Bang Edy



“Kuda-kudalu belum kuat tuh  den, ayo lebih merendah, berat badan, pas ditengah,!!”  suara lantang Bang Edy membahana menyelimuti lapangan tempat kami latihan pencak silat,  memang begitu kalau Bang Edy sedang melatih . “ gimane sih bang salah mulu, ude rendah banget nih Bang” si Deni sedikit protes, terlihat Deni begitu tegang kedua kakinya mengangkang lebar dengan posisi tubuh pas di tengah, kami menyebutnya dengan posisi kuda-kuda beksi,“ elo mau latihan silat ape mau maen lenong sih den” , maka pecahlah tawa kami semua, begitulah Bang Edy tak pernah ada seriusnya,.

Dialah Bang Edy biasa dipanggil Edy Kutilang karena badannya yang kurus tinggi dan langsing, Beliau adalah salah satu guru pencak silat selain aku,  di Musholah Al Hijrah, di samping Pasar Buncit Jakarta Selatan, senyum-senyum sendiri aku menyaksikan gaya Bang Edy melatih murid-muridnya yang juga murid-muridku, kami berdua saling bergantian dalam mengajarkan keahlian bela diri pencak silat kepada para pemuda sekitar musholah. 

Ah… Bang Edy begitu banyak berubah, terbayang dua tahun lalu begitu gigihnya dia menentang kegiatan kami, sebagai preman pasar Bang Edy dan komplotannyalah yang begitu ngotot menentang kegiatan kami Remaja Musholah Al-Hijrah,.. awalnya kami tidak tahu mengapa begitu..hingga di belakangan hari kami tahu penyebabnya… ingatanku melayang saat kejadian dua tahun yang lalu.

-----ooo0ooo-----

“Bang oji.. bang tunggu!”,  suara Agus memanggil-manggil namaku, aku menghentikan langkahku  “ ada apa gus, lu nggak ikut anak-anak beli buku iqro?”, “enggak bang aye pikir ude cukup si Mamat ame Rokib nyang ke pasar”, “trus ade ape lu panggil-panggil gue, ade penting bangetkah gus?”, “gawat bang, gawat”, “gawat apenya gus?’, “ini bener-bener gawat bang, abang ude ngeliat papan di depan musholah kite belum bang?” , “belum gus, ade ape emangnye?”. Nyok kite kesono bang, abang harus nyaksiin sendiri, aye nggak bise ngomong dah”. Aku jadi semakin penasaran, ada apasih gerangan, ada tulisan depan musholah, tulisan apa dan siapa yang menulisnya?, maka dengan penasaran aku mengiyakan saja ketika agus mengajakku ke depan musholah.

“Tuh bang, bang oji  liat aja sendiri deh!”, “astaghfirullah “..aku sedikit berguman,  tepat di musholah kami terpampang tulisan dari papan “tanah ini akan di bangun arena permainan ketangkasan ttd CV cepat tangkas bersahaja”, “gus.. tadi subuh waktu kite sholat jamaah belon ade kan tulisan ini?’ aku bertanya pada agus, “ belon bang aye aje kaget, nih pasti ditancepinnye pagi-pagi bang, ude orang bubar sholat subuh, “gus.. ini kan tanah wakaf mamang gue H. Samani, surat-suratnye juga lengkap, jelas ude diwakafkan ke Musholah AL-Hijrah”,” ntu die bang aye kan juga pernah jadi saksi dan tandatangan di surat wakaf ntu Bang” agus menambahkan, aku berfikir keras jadi siapa yang menjual tanah wakaf ini, bukankah Mang Samani saat ini bermukim di Bogor, ini pasti ada yang tidak beres,aku harus cari tahu. 

“Nyak.. mohon maaf nih ye, aye mao tanya, ntu tanah musholah Al-hjrah kan bener tanah mamang Mani nyang di wakafkan ke musholah ye nyak?”, aku bertanya pada Ibuku selepas makan bersama, “bener ji, eh kenape lo tanye ntu ke enyak?, “begini nyak aye tadi siang liat didepan musholah kite ada papan tulisan mau dibangun arena ketangkasan”, “hah.. arena ketangkasan?, apaan lagi tu ji, nyak kagak negerti ?”, “ntu Nyak tempat permaenan kayak bilyard, dindong, mesin micky mouse, dan laen-laen”, jelasku, “wah kalo gitu judi tuh ji”, “iye nyak ujung-ujungnye bagitu, walaupun mereka bilang kagak aye nggak yakin, pasti deh anak sini nanti pake tuh sarana buat maen judi”, “gue nggak rela ji… lu tenang aje, walau pun gimane-gimane juge tuh musholah masih ade hubungannye ame sejarah keluarga kite ji,  musholah ntu  di bangun ame engkonglu, terus tanahnya jadi warisan bagian mamanglu H Samani, nah ame mamanglu tuh tanah ude di wakafkan, belum selesai  penjelasan ibuku terdengar pintu diketuk dan suara salam, “assalamualaikum”, “wa’alaikum salam”, serentak aku dan ibuku menjawab salam, “biar nyak oji aje nyang bukain pintu” kataku pada Ibuku,

Ternyata Deni salah seorang murid pengajianku datang dengan nafas tersengal-sengal, Nampak sekali dia habis berlari, “Bang oji.. tulungin Bang.. siagus dipukulin preman pasar buncit” Deni berkata dengan nafas masih terputus-putus”, “hah.. ape pasalnya den si Agus dipukulin”, tanyaku, “begini bang.. tadi habi s sholat ashar, Agus nyabut papan pengumuman itu Bang, aye ude ngelarang, aye bilang, gus Bang Oji pesen jangan dicabut tuh papan, kite tunggu aje  penyelesaiannye, tapi si Agus kagak gubris aye bang, die tetep aje nyabut tuh papan, akhirnya ba’da maghrib preman datang, tadi bang oji ude pulang waktu mereka datang, mereka marah-marah nyariin orang nyang cabut papannya, nah Agus ngaku, noh masih dipukulin bang, Bang Oji cepet kesono deh bang,  “iye den ayo kite kesono”.

Sesampainya di musholah aku melihat banyak orang berkerumun di halaman, dan di tengahnya si Agus sedang di aniaya oleh para preman pasar buncit, aku berlari menyeruak kerumunan itu, “eh Bang.. jangan maen kasar gitu dong” aku membentak seorang preman dengan menarik tangan yang sedang melayang kearah agus, merasa ada yang menghalangi aksinya, orang itu mundur kebelakang dan menghardikku dengan keras, “Siapelu..berani-beraninye lu masuk urusan gue” , “ sebelumnye aye minta maaf bang, nah anak kecil  mau abang pukulin begitu, malu bang ame orang-orang”, mendadak merah padam muka orang itu kemarahannya sudah memuncak, “Hah.. lu nggak tau siape gue ye..?, “emangnye siape abang” jawabku dengan enteng,  darah orang itu semakin memuncak, dari sudut mataku aku melihat dia akan melancarkan tendangan, aku sudah menduga kaki kanannya lah yang akan menendang, sejurus kemudiaan kelebatan kaki kanannya begitu kencang hendak menyambar mukaku, kurendahkan badanku, kemudian membentuk sebuah sapuan, dengan kaki kananku, ini adalah titik terlemahnya saat kaki kanan melayang diudara, maka berat badan akan tertumpu pada kaki kiri, dengan sigap ku sapu kaki kirinya, tubuh tinggi kurus itu terhuyung hilang keseimbangan dan ambruk terjungkal kebelakang,  kawan-kawannya berlari hendak membantunya berdiri namun dihempaskan tangan mereka “gue bise berdiiri sendiri”, “heh kenalin nih gue Edy Kutilang, lu mau mampus ye..”, beberapa detik kemudian dia bersiap lagi hendak melancarkan serangan, aku bergumam dalam hati oo… ternyata ini yang bernama Edy Kutilang, preman pasar buncit yang paling disegani. Aku memperbaiki posisiku dengan mengatur kuda-kuda beksi, kaki kananku seret lebih kebelakang dan berat badan tertumpu padanya, sehingga berat kebelakang, dengan begitu aku bebas menggerakkan dengan ringan kaki kiriku yang berada didepan, untuk jaga-jaga apabila di melancarkan serangan cepat, sehingga aku dapat mengeluarkan jurus-jurus tendanganku. suasana hening.. orang-orang seakan tercekat menyaksikan kami berduel, 

Dengan ekor mataku aku melihat gelagat dia akan menyerang dengan sebuah pukulan tangan kanan, orang-orang mulai berisik riuh rendah suaranya…  benar saja dia melancarkan sebuah pukulan dengan tangan kanannya, bersamaan dengan itu ku langkahkan kaki kananku kedepan, sambil kutangkap pergelangan tangan nya, dengan tangan kananku ,kemudian ku tarik, sehingga tubuhnya terhuyung  kedepan, lalu dengan tangan kiriku kutekan tepat di persendian siku tangan kanannya, sementara tangan kananku tetap memegang pergelangannya dan  menarik kearah yang berlawanan, inilah yang disebut jurus mpok minah meres cucian, dia memekik, “aduhh., “ tidak berkutik, karena ada efek sakit di persendian sikunya, semakin dia berontak maka akan semakin sakit rasanya,   beberapa kawannya datang mau menyerangku, namun sebelum mereka mendekat aku terlebih dahulu mengancam dengan suara keras,” kalo lu pada berani maju selangkah lagi tangan kanan boslu ini akan patah”, hardikku, “aduh..!” Bang Edy mengaduh lagi, kali ini ku tekan dengan lebih keras persendiannya, “dani..juned.. arif,..stop lu jangan begerak, ikutin aje perintahnye” Bang Edy berkata sambil menahan sakit, “bang sebenernye aye kagak mau sampe kayak gini, tapi abang sendiri yang menghendaki”, “lepasin gue dong, sakit nih,” aye nggak akan ngelepasin sebelum abang janji nggak mau ngeganggu anak-anak ngaji disini”, “iye.. gue janji deh”, “terus atu lagi nih bang, cob a jelasin kekite semua , abang disuruh siape?” bentakku dengan keras masih sambil memplintir tangannya, “iye..iye.. aduhh.. jangan sakit-sakit..gue disuruh Bang kurdi’, “hah..bang kurdi.. iye die nyang nyuruh kite-kite buat jagain nih tanah, karena ude dijual ke CV cepat tangkas bersahaja”. Orang-orang keheranan termasuk juga aku, tega betul ketua RT menjual tanah wakaf musholah. Ini tidak bisa dibiarkan aku harus menyelesaikan masalah ini, “dah.. abang baiknye pulang dan jangan ganggu kami lagi, kalo masih juge abang ganggu kite ngaji  disini, aye nggak segen-segen bikin perhitungan ame abang, nih kenalin aye Fahrurrozi bin H Iskak” kataku sedikit meninggikan intonasi agar mereka takut.. “ iye bang oji”.. lalu mereka bergegas pergi dengan berlari, orang-orang meneriakinya dengan mengejek mereka,,, “Huuuuuu… ayam sayurrrrrrrrr”

“ji.. sini enyak mau ngomong!”, suara Ibuku terdengar saat aku sedang murojaah hafalan ayat-ayat pendek,”aye Nyak”, jawabku, “ gini ji… gue denger semalem lu berantem ye ame Bang Edy..” aku tercekat kalau dengan Ibuku aku tak bisa bohong, “ bener nyak.. abisnye die ame komplotoaannye mukulin si Agus murid pengajian aye nyak”, jawabku, kemudian ibuku berkata lagi, “ji.. denger nih ye.., babelu ngajarin elu silat bukan buat gagah-gagahan, bukan bukan buat sok jagoan tau luh!, kata Ibuku kali ini lebih tegas dan lebh tinggi nada bicaranya, “ iye nyak.. aye paham.. tapi Bang Edy ude ngehina harga diri Agus, Deni, dan aye nyak, dan juge ude ngehine musholah kite, berarti die udah ngehine keluarga kite nyak, pan enyak sendiri nyang bilang, kalo urusan musholah berarti urusan ame keluarga kite, karena musholah ntu erat kaitannye ama sejarah keluarga kita nyak”, “ude-ude nyak nggak mau denger alasanlu,  pokoknye elu jangan sok jagoan lagi, jangan kayak preman lagulu.. lu tu keturunan kong H Naipin, babelu H Iskak ulama di kampung ini jaga nama baik keluargalu tong..!”,” iye nyak”,  kalau sudah begitu aku pasti akan mencium tangan Ibuku, dan meminta maaf padanya.” Ude ye ji.. ntar sore nih kite kerumah Bang Kurdi, kite tanye tuh ape bener die ude jual tanah wakaf ntu”,” “iye nyak, ntar aye ikut juga ”..

-----ooo0ooo-----

Sore yang kutunggu telah tiba, aku dan Ibuku bergegas ke rumah Bang Kurdi, ketua RT kami, orangnya kira-kira berusia 50 tahunan, “begini Bang” Ibuku memulai pembicaraan, “ini tentang musholah Al-Hijrah, aye denger kabar katenye ude dijual ye, keperusahaan nyang akan mendirikan arena ketangkasan bermain?”, “iye, emang kenape?”, ade masalah ame lu”, jawaban Bang Kurdi ketus sekali, panas telingaku mendengarnya, ingin aku menjawab, kalau saja tidak ada enyak, mungkin sudah aku jawab dengan jawaban yang lebih ketus lagi, tapi aku heran enyak begitu sabar, tidak ada gejala beliau emosi atau tersinggung, “hmm.. begini bang, musholah ntukan ude bertahun-tahun disitu, tempat anak-anak generasi penerus kite belajar mengaji, mau kemane lagi mereka mengaji entarnye bang?”,”kalo entu sih bukan urusan gue, mau ngaji di rumah lu kek, atau di pinggir jalan kek, soalnye ntu tanah ude di jual dan akan di dirikan sesuatu yang lebih berguna, yaitu arena ketangkasan bermain, jadi ada tempat hiburan buat para pemuda kita disini, jadi mereka nggak susah-susah cari hiburan jauh-jauh”, ataghfirullah aku sudah tak kuat menahan emosiku, kemudian aku berteriak “eh.. Bang Kurdi.. denger nihy e yang itu sih bukan tempat yang lebih berguna, tapi tempat yang lebih merugikan,  abang dah pikirin belon, anak-anak muda kampng kita akan terlena dengan permainan itu, sehingga dia tidak produktif lagi, waktu hanya terbuang sia-sia tanpa hasil, belum lagi kalo dibuat tarohan, ngerti gak abang ,, judi bang!! astaghfirullah , abang akan membuat sarana perjudian,.. abang tega ye.. merubah tempat ibadah menjadi tempat maksiat”, amarahku sudah tidak dapat ku bendung lagi.. “ude ji… nyak aje nyang ngomong.!!.” suara Ibuku keras membentak aku, aku terdiam, tanpa kuduga Bang Kurdi berbicara “eh … tong lu denger nih ye.. tau apasih lu ame pahala dan dose.. lu tu masih bau kencur, jangan ceramahin gue”, aku mau angkat bicara lagi kalau saja Ibuku tidak membentakku kembali “ ude ji..”, “iye nyak”,  “ “begini bang kurdi..tanah itu ude secara resmi berstatus tanah wakaf dari adek ipar aye H Samani, jadi nggak bise diganggu gugat lagi”,” justru ntu romlah… tanah berstatus wakaf ada di tangan pemerintah bukan lagi hak kepemilikan perseorangan, jadi apabila ada keperluan nyang lebih penting lagi dapat di gunakan untuk keperlua entu, ngarti kagaklu!!, “ aku angkat bicara lagi “aturan dari mana tuh bang?, “ ya dari gue”..”ede-ude lu pade pergi dah jauh-jauh, empet gue liat lu pada”, “astaghfirullah kami diusir bagai pengemis dari rumah bang kurdi, pas kebetulan saat itu datang Bang Edy dan komplotannya, “Edy lu usir tuh orang dari rumah gue!”, “iye bang” jawab Bang Edy, “eh kacung berani lu esir gue ame enyak gue, gue permaklu abis-abisan”, Bang Edy nampak takut karena baru beberapa hari kalah duel dengan ku tapi masih juga dia berlagak tengik mengusir kami, “lu denger kagak  bang kurdi ngomong apa?.. pergi dah lu dari sini sebelum gua bertindak keras ama lu dan Nyaklu , kalu saja tidak dilarang Ibuku mungkin sudah pecah perkelahian kembali antara aku dan Bang Edy, “Sttt,ehhh.. ude-ude ayu kite pergi dari sini” ajak Ibuku , ”iye nyak..” , hatiku teriris coba masih ada ayahku, pasti Bang Kurdi tidak semena-mena seperti ini, aku jadi rindu ayah.. “Babe, semoga babe tenang di sana”

-----ooo0ooo-----

Ashbahna washbahalmulku lillahi, walhamdulillahi laasyarikalahu  lailahaillahua wailaihinnusyur.. dipagi hari ini kami dan segala kerajaan milik Allah, segala puji bagi Allah, tiada sekutu bagiNYA, Tidak ada sembahan yang benar selain Dia, hanya kepadaNYAlah tempat kami kembali, aku memulai dzikir dan doaku sehabis subuh ini, suasana hening para jamaah telah pulang, tinggal aku seorang diri.. “ ya  Rabb Engkau lah maha penentu segalanya, janganlah Kau beri kekuatan pada orang-orang yang memusuhiMu.. Ya Allah Ilahana.. janganlah Engkau beri jalan yang mulus untuk orng-orang yang mempunyai rencana jahat terhadap musholah ini, terhadap kampungku ini.. ya Rabb, sesungguhnya segala kekuatan hanya pada Engkau, dan kami berserah diri. Tolong gagalkan rencana Bang Kurdi dan perusahaan itu yang akan mendirikan sarana perjudian disini, ditanah musholah Ini, aye takut akan merusak akhlak para remaja di sini…. Ya Allah berilah keinsyafan untuk Bang Edy, jadikan Ia laksana Umar R.A dalam barisan dakwah RasulMu, …Belum lagi selesai doaku, aku mendengar suara langkah kaki orang di samping musholah kira-kira mungkin ada tiga orang, aku berhenti berdoa dan menempelkan telingaku pada dinding mushola yang terbuat dari triplek, “Bang kenape diem.. jadi kagak kite bakar nih mushola?, ude satu jam kite disini bang” itu adalah suara Bnag Juned anak buah Bang Edy, satu jam..?? berarti mereka mendengar apa yang aku ucapkan saat aku berdoa tadi..??? “bang nah loh..kok abang nangis.. yahh… jadi kagak nih gue jadi bingung nih..bensin ude gue siapin nih tinggal ngebakar aje, kenape sh bang pake nangis segala ada ape bang”, tak ada suara terdengar lagi, kutempelkan rapat-rapat telingaku pada dinding musholah, kemudian terdengar  suara langkah kaki cepat setengah berlari menuju ke arah pintu musholah, diringi suara Bang Juned..eh Bang Edy mau kemana bang ?’, sejurus kemudian pintu musholah terkuak dengan kasar dan masuklah sosok Bang Edy si preman jangkung kurus itu menerobos masuk ruangan musholah, tanpa dapat kucegah Bang Edy memelukku..”Bang oji.. maapin aye bang, suara isakan Bang Edy semakin jelas, sedang dimuka pintu musholah Bang Juned dan Bang Arif, berdiri terheran-heran menyaksikan adegan itu. 

Pelukan Bang Edy semakin keras dengan tangisan yang semakin keras pula, “maafin aye bang oji, aye udah khilaf ame abang, ame keluarge abang, juga ame musholah ini, tadi aye datang kesini karena di suruh ame Bang Kurdi buat ngebakar musholah ini, untung aye denger doa abang, saat ini baru aye tau kalo musholah ini mau diganti ame tempat perjudian, kate Bang Kurdi musholah ini mau dijadiin sekolahan yang didalamnya juge ada musholahnye, aye udah ditipunye,… aye juga nyang nancepin papan itu, tapi karena aye nggak bisa baca aye nggak tau tulisannye. Maafin aye bang..”aku tercekat, tidak tahu harus bicara apa, seorang preman yang paling ditakuti sepasar buncit saat ini sedang memelukku,  bersimpuh dan memohon maaf padaku, “ude Bang nggak ade nyang perlu dimaafin, abang cuman diperalat sama Bang Kurdi dan boss perusahaan itu, abang ude aye maafin,” makasih bang oji, makasih bang, perlahan dilepaskan pelukaanya sambil terisak Bang Edy berkata, “ Bang Oji.. aye mau belajar ngaji disini, aye udah banyak ketinggalan agame, saatnye aye kembali ke jalan nyang bener, aye sedih bener waktu denger doa abang tadi,apalagi abang doain aye dapat hidayah, aye teringat dose-dose yang bayak sekali aye lakuin, malah mau ditambah lagi mau ngeganti nih musolah ame tempat perjudian tempat maksiat”,… aku terharu tak terasa butiran-butiran bening bagai embun yang bening keluar dari ujung mataku,.. silahkan Bang Edy,. Seberapapun kesalahan dan dosa diperbuat oleh hambaNya.lebih besar pengampunan Allah SWT. Kami jamaah pengajian musholah Al-Hijrah dengan tangan terbuka menerima abang,

Sejak saat itu Bang Edy menjadi bagian dari kami, jamaah Pengajian Musholah Al-Hijrah bagai sorang Umar RA dalam barisan Rasuluullahu SAW, demikian juga dengan Bang Juned dan Bang Arif anak buahnya, mereka dengan tekun mengkaji nilai-nilai agama, ternyata sosok Bang Edy adalah sosok yang periang, dan humoris dan sangat care serta memiliki kesetiakawanan yang tingi, ada aja idenya sehingga kegiatan pengajian tidak membosankan,…bahkan dengan sedikit ilmu bela diri yang dimilikinya, dia mengusulkan agar diadakan latihan pencak silat dimusholah kami, dengan aku sebagi pelatihnya dan dia sebagai assiten pelatih,..mengenai rencana pendirian sarana ketangkasan bermain, sudah tidak dapat berjalan lagi, karena diam-diam Bang Edy dan ank buahnya,  mempengaruhi warga untuk menolak rencana tersebut,hingga pada puncaknya terjadi demo besar-besaran warga RT 11 RW 04 dengan berujung pencopotan bang kurdi dari kursi RTnya.

“Bang.. Bang oji.. aye ude capek nih ngelatihnya, gantian abang sekarang ajarin aja tuh anak-anak jurus minah meres cucian, kayaknye belon pade apal tuh” .. suara Bang Edy mengagetkanku, hingga buyar lamunanku… “eh ngelamun ye bang, pasti mikirin jamilah kan.??, ude jangan dipikirin tenang aje, ntar Bang Edy yang comblangin.. tenang aja…. Asal wani piro… ha.ha..ha tawa kami pecah bersamaan.. ah.. Bang Edy kapan seriusnya….becanda mulu…

TAMAT 

Sang Penetes Embun

 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar