Rabu, 29 Oktober 2014

TANGAN KECIL IRMA


“Tolong copet-copet!” teriakan Ibu berkerudung itu semakin membuat laju larinya semakin cepat. Keringat membasahi kaos putihnya yang lusuh. Masa sudah banyak yang mengejar dibelakangnya semakin lama jumlahnya semakin banyak

“ayo..cepat-cepat kejar , anak itu memasuki lorong ikan basah..” salah seorang pengejar berteriak kencang.

“wahduh bapak itu sudah melihat wajahku” Irma sedikit bergumam dan mempercepat laju larinya, tubuhnya yang kecil memungkinkan ia menelusup diantara lapak-lapak pedagang ikan, hngga terus masuki lorong lebih dalam lagi, dan keluar melewati pintu belakang pasar tradisional itu.

 Semua lorong dipasar itu telah dia hafal, karena memang ia terlahir sebelas tahun yang lalu, di kawasan kumuh tepat dibelakang pasar itu, hingga menyebabkan begitu mudahnya ia lolos dari kepungan masa.

Benar saja tak sampai sepuluh menit adegan kejar-kejaran itu berlangsung, ia sudah dapat meloloskan diri. Nampak wajah-wajah kecewa dari masa yang kehilangan jejaknya, sementara ia sudah sampai di depan pintu rumahnya yang tak layak di sebut rumah, hanya berdinding serpihan papan-papan tipis sisa-sisa peti buah, dan peti tempat mengemas barang-barang lain yang banyak berserak di tempat sampah pasar, yang disusun-susun tak beraturan hingga menjadi sebuah dinding.

“Ma.. dari mane aje lu!” suara Ibu tirinya mengagetkannya.

Sang Ibu adalah perempuan muda bermakeup menor, yang tengah asyik mengisi teka-teki silang yang telah menjadi rutinitas kesehariannya

“biasenyak nyari duit”

“mane dapet kagaklu”

“kagak nyak”, jawab Irma sambil berbohong, padahal ia baru saja berhasil mencopet sebuah dompet berseleting. Sebab jika ia mengaku apa adanya seperti biasa Ibu tirinya itu akan mengambil dompet yang berhasil ia copet, dan hanya memberikan sebagian kecil saja uang untuk dirinya, bahkan pernah suatu hari uang yang berhasil ia copet diambl semua tanpa disisakan sedikitpun untuk dirinya.

“Hah.. jadi ngapain lo ngos-ngosan begitu kalo nggak dapet duit?, jangan bohonglu ame gue!.”

“bener nyak,aye gagal nyopet ketahuan dan dikejar massa, enyak boleh perikse kantong aye nyak!”

Kemudian dengan kasar perempuan muda itu menarik tubuh kecil anak tirinya itu, di rogohnya semua kantong baju dan celana anak itu, namun tak juga ditemukan dompet yang dicari, jangankan dompet uang recehan saja tidak ada.

“brengseklu ma” ucapnya dibarengi dengan tamparan keras kepipi anak sebelas tahun itu.

“aduh..!” hanya itu yang keluar dari mulut Irma, ia tidak menangis karena memang kejadian ini kerap sekali terjadi, hingga tangisan sudah tidak dapat keluar lagi dari sudut matanya yang mungil.
“lu jangan pulang kerumah ini lagi kalo lu, nggak dapet duit, terserah lu mau ngapain buat dapetin duit, mau nyopet kek, mau nyolong kek gue nggak peduli pokoknye lu pulang harus bawa duti titik, ngerti lu..!!”

“iye aye ngerti nyak” kemudian tubuhnya beringsut keluar dari rumah.

---oo0oo---

Tubuh kecil itu setengah berlari menelusuri lorong-lorong kawasan kumuh belakang Pasar Manggarai, tangannya menggenggam erat sebuah dompet berwarna kecoklatan yang tampak sangat mewah. Ia berhasil menyembunyikan dari ibu tirinya dengan menaruhnya di bawah tong tampungan air hujan depan rumahnya. Tujuannya hanya satu yaitu ke sebuah gubuk di pinggir lapangan sepak bola di mana ia dan Sari sahabatnya biasa bertemu.

“Gile Irma lu dapet dompet gede juge ye..?”

“iye dong gue..”

Tangan kecilnya membuka retseleting dompet yang baru di copetnya. Hatinya bergetar “ini pasti banyak duitnya” ia bergumam. Perlahan dibukanya dan betapa kagetnya ia ternyata yang ia kira dompet adalah sebuah buku dengan tulisan-tulisan aneh didalamnya

“mpok ni buku apaanya..?

“Hah.. dasar lu lagi apes ma, ni gue bilangin ye ini bukan dompet tapi ALqur’an “

Anak sekecil Irma yang dilahirkan di lingkungan kumuh kota Jakarta tidak pernah melihat Alqur’an saku berseleting. Belum pernah ia melihat buku seperti itu, Paling-paling barang kertas yang dilihatnya adalah buku TTS ibu tirinya atau tumpukan kartu remi ayahnya

“mpok gue mau balikin nih buku.”

“Irma elu ude sinting ye..?” lu mau cari dimane Ibu nyang lu copet ntu, kote Jakarta ni luas ma mikir dong lu !”

“eh iye sih mpok dimane ye..?, tapi aye kagak nyerah mpok dompet ini akan aye bawa-bawa terus, ampe ketemu ame Ibu-ibu ntu”

“yah.. terserah elu aja deh, tapi ampe kapan lu ketemu ame orang itu’

“kagak tau pok, pokonye aye mau bawa terus kemane aye pergi siapa tahu ketemu lagi, terus aye pulangin deh, selesai”

“huh.. emangnye segampang itu. Ude gue lapernih nyok kite ke warung Mpok Romine, gue traktir lu makan ame minum”

“wah.. banyak duit nih”

“iye gue abis nyopet dompet om-om dutinye banyak banget nyok kite kesono!”. Akhirnya keduanya beranjak pergi ke warung Mpok Romine yang tepat berada di sudut lapangan boa itu.

---oo0oo---

Sudah hampir sebulan sejak kejadian itu Irma mencari-cari Ibu pemilik Alqur’an, semua lorong-lorong pasar dia telusuri setiap hari, diantara aktifitas mencopetnya , namun hingga saat ini hasilnya nihil, entah kenapa hatinya ingin sekali mengembalikan Al-Qur’an itu, mungkin ditangan pemiliknya AlQur’an ini akan lebih bermanfaat jika dibanding berada ditangannya. Bagaimana tidak membacanya saja ia tak bisa, ayahnya dan Ibu tirinya tidak pernah mengajarkan cara membaca Alqur’an kepadanya.

Entah ini sudah hari keberapa dia melakukan pencarian, sudah berapa pula orang yang berhasil ia copet ada om-om, Ibu-ibu, gadis remaja, namun tidak ada satupun yang dia temui mirip dengan Ibu sipemilik AlQur’an.

Suasana sore ini begitu redup, embun tebal bergayut sesekali dihembus angin semilir. Irma berjalan gontai setelah melewati adegan kejar-kejaran dengan massa, dan ia berhasi mencopet sebuah dompet lelaki dengan uang yang lumayan banyak. Tubuhnya yang letih dihempaskan ke tumpukan peti bekas kemasan botol kecap, angin semilir dan kelelahan yang teramat sangat membuatnya hampir tertidur jika tidak didengarnya suara orang lelaki membentak dengan suara keras.

“heh, ini tempat tidur gue, berani-beraninye elu tidurin, hayoo bangun..!!” sumber suara keras itu ternyata adalah lelaki kurus kerempeng bermata merah, yang sangat menjijikkan.

“eh bang, semua tempat tuh same, emangnye nih pasar punye bapak moyang lu ape..?, diberanikan dirinya untuk menjawab bentakan lelaki itu.

Lelaki kurus kerempeng itu sejenak terkejut kemudian matanya liar menatap kearah tubuh gadis sebelas tahun itu.

“eh neng.. ngomong-ngomong elu lumayan cantik juge, ayu sini deket ke abang!”, secepat kilat lelaki itu menguurkan tangannya dan menarik tangan Irma.

Irma berontak, sesaat terjadi adegan tarik menarik, namun apa daya tenaga kecil Irma tidak dapat menandingi kekuatan lelaki itu hingga tubuhnya tertarik kedepan tepat dalam pelukan lelaki buas itu. Segala daya di lakukan oleh Irma hingga dia berhasil menggit pergelangan tangan lelaki itu

“Busyeeet dah lo maenn gigit aje sakit tau”, lelaki itu membentak sekerasnya bersamaan dengan itu terlepaslah pelukan tangannya, hingga tubuh kecil Irma dengan mudah keluar dalam lingkaran tangannya dan berlalri sekencang mungkin.

Irma terus berlari nafasnya sudah tersengal, namun lelaki itu masih saja mengejarnya. Ia tidak tahu apa sebenarnya yang akan di lakukan pria dewasa itu pada dirinya. Pikiran kanak-kanaknya begitu polos, yang ia tahu ia harus menghindar dari lelaki bermata merah itu.

Larinya sudah dipercepat namun apa daya langkah yang kecil tidak begitu cepat dibanding langkah lari lelaki itu. Semakin lama semakin dekat, hingga sampai pada suatu saat.

"Mau kemane lu.. lu kagak bise lari dari gue ayo sini!!" lelaki itu menghardik seraya menarik tangan Irma

"Toloong.. tolong.." Irma berteriak, keringat dingin membasahi seluruh bajunya. Walau ia belum mengerti apa yang akan dilakukan oleh lelaki itu, tetapi nalurinya mengatakan dia harus melawan.

"Percume lu teriak disini sepi ayo sini deket ke abang!" lelaki itu berusaha menarik tangan Irma kembali. Namun bersamaan dengan itu sekelebat bayangan begitu cepat meyambar pergelangan tangan lelaki itu. Dalam hitungan detik menghempaskannya, tubuhnya terhuyung kemudian terjerembab ke tanah yang becek.

Kejadian itu begitu cepat seakan tak dapat diikuti mata, hingga yang nampak sekarang adalah sesosok gadis berjilbab biru muda yang berdiri diantara Irma dan lelaki yang terduduk.

"Kalo lu masih ganggu ni bocah lu berhadepan ame gue!" seru gadis berjilbab itu galak.

"Heh siape lu berani ikut campur urusan gue?" seru lelaki itu tak mau kalah .

"Lu nggak perlu tau siape gue, kalu lu nyakitin die lu punye urusan ame gue!”.. Gadis berjilbab itu menjawab dengan lebih galak lagi.

Samar-samar Irma mulai mengenali gadis itu.. Itu adalah Ibu yang pernah dia copet Alqur'annya yang ia kira dompet. Lama sudah irma mencarinya, namun mengapa ia nampak lebih muda dan Alqur'an itu tetap dibawa kemana saja dia pergi hingga kini.

"Kebanyakan bacot lu!" lelaki itu melangkah memdekat seraya melancarkan sebuah pukulan tangan kanan, namun sang gadis hanya melangkahkan kaki kirinya kedepan di barengi dengan menangkap pukulan itu dengan tangan kananya. Kemudian memegang siku tangan itu dengan tangan kirinya, dalam hitungan detik memelintir ke dua tanganya ke arah yang berlawanan membentuk sebuah kuncian. Gerakanya begitu tenang, nampak sekali kalau dia seorang ahli pencak silat.

"Lu kapok kagak..?"

"Ampun mpok aye kapok"
 "Lu masih mau gangguin nih anak lagi?"

"Kagak pok kagak" kemudian perlahan dilepaskan pelintirantangannya hingga lelaki itu terbebas
"Lu boleh menang tangan kosong tapi rasain nih piso gue" ternyata lelaki itu menyerang lagi dengan menggunakan pisau belati.

Secepat kilat belati yang terhunus menghujam ke arah perut wanita muda berjilbab biru muda itu, namun lagi-lagi dengan tenang wanita itu hanya melangkahkan kaki kanan satu langkah kemuka kemudian dibarengi dengan menangkap pergelangan tangan lelaki itu dengan tangan kanannya,

sejurus kemudian ditariknya tangan tersebut mengikuti arah laju tusukan belati, dengan demikian tenaga lawan termanfaatkan untuk menjatuhkan dirinya sendiri, gerakannya begitu halus dibarenngi dengan sepakan kaki kearah kaki kanan lawan, hingga lelaki beringas itu terjatuh di tanah dengan pergelangan tangan yang terpelintir masih memegang belatinya. Perlahan dengan mudah jari-jari tangan yang memengang belati itu dibuka satu persatu hingga belati tajam berpindah tangan.

“Bang,..sebenernye aye nggak menghendaki kayak gini, tapi abang nyang minte, sekarang abang mau ngapain nih belati ude ditangan aye, mau aye tusuk perut abang, atau aye gorok leher abang, abang tinggal pilih,!” wanita muda itu mengancam dengan suara lantang.

“ampun mpok..ampun,, jangan tusuk aye pok!” lelaki itu hampir menangis meminta ampun

“Lu kapok kagak?,

“kapok Mpok”

“bener ye lu kapok, kalo gue masih liat batang hidung lagi melakukan kejahatan, gue nggak ampun lagi ngarti kagaklu..? hardik wanita itu dengan memperkencang pelintiran tangannya.

“iye..iye.. aye kapok mpok, nggak lagi-lagi dah,,”

“ude sono lu pegi jauh-jauh sebelum pikiran gue berubah..!” lelaki bermata merah itu terburu-buru berlari setelah kuncian tangannya di lepaskan.

Irma terpaku ia begitu takjub dengan gadis muda didepannya, hingga selesai semua kejadian itu dirinya masih terdiam.

“heh.. ude .. ngapain kayak patung disitu dek?”

“eh..ah.. nggak iye terimakasih bu eh mpok atas pertolongannya, untung ade mpok kalu nggak aye nggak tau mau bilang ape lagi nih”

“ude-ude pan ude kawajiban kite saling tolong menolong, o iye namelu sapa dek?”

“Irma Mpok, aye tinggal deket sini aje ame babe dan nyak tiri aye”

“gue larasati panggil aje laras, nyook gue anter pulang?” tiba-tiba raut wajah Irma berubah, Nampak kesedihan di mata gadis kecil ini.

“kenape lu ma?” kok jadi murung begitu

“nyak tiri aye galak mpok baiknye mpok nggak usah nganter aye kerumah aye deh, ntar runyam urusannye, ye!” lanjut Irma sambil memelas

“mang nape ma, nyak tirilu ntu galak benget ye.?”

“iye mpok apalegi babe lagi kagak ade di rume bise gawat kalu die ngeliat empok”

“yah. Ude deh kalu gitu, gue mau pegi dulu ye, gini aje kalu lu mau, dateng aje kapan-kapan kerume gue cari aje rumah singgah bunga setangkai ye.. di jalan pelem deket aje kok dari sini naek ojek bise jalan kaki juga nyampe, gue sering jalan kaki kesini”.

“o.. iye mpok aye juge tau jalan ntu gampang aje ntar aye mampir kesono”

“Ye ude ye.. assalaamu’alaikum”

“wa’alaikum salam” kemudian laras beranjak pergi, Irma menatap kepergiannya sampai menghilang di pertigaan ujung jalan.

“astaghfirullah.. nih Alqur’an kenape nggak aye kasih kempok itu ye” Irma bergumam sendiri karena terlupa mengembalikan Alqur’an yang telah dicopetnya dari laras.

---oo0oo---

Malam semakin larut, namun seperti biasanya suasana belakang Pasar Manggarai Jakarta masih saja ramai, ramai dengan hinggar bingar musik yang di setel keras-keras, atau suara bantingan kartu domino para lelaki yang tidak bosan-bosan setiap malam bermain domino, di muka toko Bang Majid, kegaduhan malam seperti itu sudah terbiasa bagi telinga Irma.

Hingga detik ini Irma tak bisa tidur, bukan kegaduhan itu yang menyebabkan matanya tak dapat terpejam, namun bayangan wajah Mpok Laras menari-nari dimatanya. Dia begitu sempurna cantik, terpelajar, alim, dan satu yang sangat ia kagumi walau dia gadis berjilbab namun tidak lemah gemulai seperti gadis berjilbab pada umumnya Mpok Laras begitu tegas sikap dan tutur katanya.

“ntar kalo aye gede aye mau jadi kayak mpok laras” gumamnya dalam hati.

Masih terbayang bagaimana dia diselamatkan oleh gadis berjilbab itu. Dan sekarang ia merasa berhutang budi padanya. Tubuh kecilnya beringsut lebih kekanan sementara tangannya mencari-cari sesuatu di bawah ranjang.

“nah.. ini die, gue harus ngembaliin Alqur’anini ke Mpok Laras besok aye harus kerume Mpok Laras,

moga die nggak marah kalu aye nyang copet”, sejenak ada kebimbangan dalam hatinya.

“hhh….” Irma mengambil nafas panjang kemudian bergumam “pasti Mpok Laras mau ngampunin gue, karene gue yakin die orangnye baek, pasti iye akan maafin gue’. Beberapa saat kemudian matanya sudah tertutup dan jiwanya sudah melayang kealam mimpi yang indah dimana dia melihat Mpok Laras sedang berlatih pencak silat dan tersenyum padanya, senyum yang manis bagai bidadari,

---oo0oo---

Hari masih sangat pagi saat Irma sudah beranjak meninggalkan gubuk orang tuanya, pagi ini begitu cerah, seperti biasa suasana pagi dibelakang Pasar Manggarai sangat sepi, karena para penghuninya telah terbiasa bangun siang sebab aktifitas malam yang terlalu larut. Irma melangkah kaki dengan mantap, tujuannya adalah rumah Singggah Bunga Setangkai tempat dimana mpok Laras dapat ditemui.

Irma berjalan menelusuri tepi jalan besar yang beraspal dingin karena embun pagi. Jalan pelem telah dilalui hampir ke ujung, dan tepat diujung jalan matanya melihat sebuah rumah yang asri dengan taman yang sangat rapi dan indah hijau menyejukkan mata memandang, dan yang membuat ia sangat bahagia adalah di muka rumah itu tertulis “Rumah Singgah Bunga Setangkai”

Sejenak hatinya berdegup keras, tangannya meraba Alqur’an saku yang ia kantongi, ada kehawatiran Mpok Laras akan marah besar karena tahu bahwa ia yang mencopet Alqur’an itu. Ia juga khawatir jika mpok laras tidak mau berteman dengannya jika tahu pekerjaannya sebagai pencopet.

“Assalaamu’alaikum” diucapkannya salam begitu langkah kakinya melangkah pada teras rumah yang sangat bersih

“Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh” terdengar jawaban salam dari dalam, dan keluarlah seorang anak perempuan sebaya dengannya berwajah yang tak asing lagi bagi Irma, dialah anak perempuan yang sering ditemuinya menyemir sepatu di depan pasar Manggarai.

“Eh..elo kalu nggak salah namelu Irma kan?” anak permpuan berjilbab itu mengajukan pertanyaan
“betul ni gue Irma, elu yanti kan.?”

“iye gue yanti, ayu masuk elu mau nyari siape?”

Irma melangkahkan kakinya kedalam rumah “Gue mau cari Mpok Laras, die adekan di mari..”
“ade noh lagi ngajar ngaji dhuha, ayuuk kite masuk terus kedalam disana ada pengajian dhuha nyang sering kite lakukan disini yang ngisi pengajiannye Mpok Laras”. Panjang lebar yanti menerangkan sambil keduanya masuk ke dalam ruang tamu yang agak lebar.

Wajah-wajah yang tak asing bagi Irma ditemui diruang itu, mereka adalah para anak-anak jalanan yang terbiasa mangkal di sekitar pasar Manggarai, ada sebagian yang sangat dia hafal namanya, namun ada sebagian lagi yang tidak. Nampak si Edi anak lelaki yang dilihatnya sering mengamen di perempatan jalan, ada juga si Ela, si Reni dan beberapa temannya para penyemir sepatu. Matanya terus memperhatikan satu-persatu wajah mereka, tidak ada satupun dari anak-anak itu yang berprofesi sebagai pencopet, atau pencuri bahkan peminta-mintapun tidak ada karena dia hafal betul anak-anak jalanan yang berprofesi seperti dirinya, dan mereka tidak ada satupun disini.

“adik-adik mpok Laras yang manis-manis jadi para ulama berpesan jagalah martabat dirimu walau kamu miskin, artinye walau kite miskin kite harus menjage martabat kite sebagai manusia yang diciptakan Allah SWT sebagai mahkluq yang paling sempurna”. Suara Mpok Laras tegas dan lantang bergema keseluruh ruangan, walau suaranya lantang namun tetap enak dan merdu didengar.
“Mungkenye nih Mpok pesen nih ke adik-adik mpok semue, walau kite miskin jangan kite lakuin hal yang dilarang dalam agame seperti mencuri, mencopet, atau merampok, sebab ntu merugikan orang lain, coba kalu yang elu copet itu adalah seorang Ibu yang terburu-burau mau mengobati anaknye di rumah sakit, kemudian uangnye elu copet, maka elu semue jadi penghambat kesembuhan sakit anaknye, hayuu direnungkan sebab elu anaknya jadi nggak sembuh bahkan bisa-bisa meninggal”.
Irma tersentak kata-kata itu bagai anak panah melesat tepat mengenai sasarannya, hatinya terpukul terbayang selama ini dia mencopet, tidak perduli, anak-anak, remaja, ibu-ibu, atau nenek dan kakek sekalipun pernah dia copet. Perlahan matanya mulai panas dan butiran embun bening menyembul dari sudut matanya yang kecil.

“Wah.. adek-adek, kite kedatangan tamu, namanye Irma ayo Irma elu!, kesini kenalin dirilu sama teman-teman sekalian disini!” suara mpok Laras mengagetkannya dia tersentak.

Irma nampak canggung dirinya sejenak mematung tak tahu harus mengatakan apa, hingga satu anak nyeletuk “salam dulu Ir, sebelum bicara!”

“Assalamu’alaikum”

“wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh” serentak anak-anak menjawab dengan kompak

“perkenalkan nama aye Irma, rumah aye pas di belakang pasar menggarai deket aje dari sini, aye aje tadi jalan kaki sampe disini. Aye kesini sebenernya mau ketemu Mpok Laras mau….” Sejenak Irma berfikir dirinya ragu mau mengucapkan dan terus terang bahwa tujuannya adalah mengembalikan Alqur’an saku yang ia copet dari Mpok Laras.

“maksud kedatangan aye mau silaturahmi ame Mpok Laras dan temen-temen semue” akhirnya ia putuskan untuk menunda maksudnya mengembalikan Alqur’an saku ke Mpok Laras, sekali lagi dirabanya Alqur’an saku yang ada di kantongnya.

Hampir dua jam Irma disana, entah mengapa ia merasa sangat betah disini di rumah singgah Bunga Setangkai. Belum pernah dirinya merasa memiiki dan dimiliki. Selama ini suasa rumahnya hidup dengan ayah dan Ibu tiri yang sangat membosankan. Tidak pernah sang ayah atau ibu tirinya menyuruhnya untuk shalat apalagi megaji, sedang disini dirumah singgah ini dia menemukan kebahagian, dapat sholat dhuha bersama, mendengarkan nasehat dari mpok Laras yang tidak pernah didapatkan dirumahnya.

Dua jam terasa begitu cepat ingin rasanya ia lebih lama disini, tetapi telah tiba waktu untuk mereka keluar sesuai dengan profesnya masing-masing ada yang mengamen ada yang menyemir sepatu, bagi yang sudah agak dewasa ada yang menjadi kuli panggul di pasar, yang semuanya adalah halal, sedang dirinya..?, dia bertanya pada dirinya apakah dia akan melanjutkan profesi mencopetnya padahal dia tahu mencopet adalah profesi yang tidak halal.

---oo0oo---

Telah sebulan Irma aktif mengikuti tiap acara di Rumah Singgah Bunga Setangkai, telah sebulan pula Irma jarang kerumah Orang tuanya. Dan seperti biasanya tidak ada kekhawatiran nampak pada diri orang tuanya, meraka asyik dengan dunianya masing-masing, Ibu tirinya masih berkutat kesehariannya dengan buku TTSnya sedangkan ayahnya entah sibuk apa diluar sana. Tidak ada yang memperhatikan perubahann besar pada dirinya, Irma sekarang bukan Irma yang dulu, Irma sekarang nampak lebih anggun ia sedang tumbuh menjadi remaja putri yang islami, dengan jilbab yang tidak pernah lepas dari kepalanya kemanapun dia pergi.

Sekarang ia tidak mencopet lagi, saat ini kesehariannya jika siang ia menyemir sepatu, dan sore hingga malam disibukkan dengan membantu Mpok Laras membuat kerajinan tangan berupa hiasan-hiasan dinding, vas bunga, sapi ijuk dan aneka kerajinan lain hasil produksi Rumah Singgah Bunga Setangkai dan sudah dipasarkan kesetiap pasar dibilangan manggari dan sekitarnya. Walau penghasilanya tidak sebesar dulu namun ini membuatnya bahagia.

Dan perkembangan selanjutnya adalah Sari serta beberapa teman-teman anak jalanan terdekatnya berhasil di ajaknya untuk aktif mengikuti kegiatan di rumah Singgah Bunga Setangkai, mereka sudah menghentikan aktifitas mencopetnya tergantikan dengan kegiatan menyemir sepatu atau mengamen disiang hari, sedang sore hingga malam membuat kerajinan tangan. Dan satu yangbelum sempat ia lakukan hingga kini yaitu mengembalikan Alqur’an yang dicopetnya kepada Mpok Laras.

“ma.. sini nyak mau ngomong!, ma… ade desas-desus katenye anak-anak sini ude pade nggak mau nyopet lagi, mereka lebih seneng jadi penyemir sepatu atau ngamen, atau jadi kuli panggul” Irma di kagetkan dengan pertanyaan Ibu tirinya pada siang ini, saat Irma pulang kerumah orang tuanya, untuk sekedar mengisi perut setelah setengah harian dirinya menyemir sepatu.

“Iye Nyak aye denger juge begitu” jawab Irma dengan tenang.

“terus nyak denger yang perempuan mereka sudah pada pake jilbab kayak elu, nyak yakin elu juge ude terpengaruh mereka, pertanyaan yang tidak disangka-sangka mengagetkan Irma

“ ma.. sini lu”

“iye nyak”

Tanpa di duga Ibu tiri Irma menyambar paksa jilbab yang dikenakan, dan menariknya dengan kasar hingga terlepas,

“ngaku kagaklu, elu ude ikut terpengaruh kan?’ tiap hari elu kasih nyak cuman tigapuluh ribu, elu pasti ude nggak nyopet lagi kan?...Ngaku nggak lu” sang Ibu membentak dibarengi dengan tamparan keras tangannya tepat mengenai pipi Irma. Irma terhuyung kebelakang hampir saja ia jatuh terjerembab, kalau saja tidak terhalang kursi kayu di belakangnya.

“iye nyak aye ngaku, aye emang ude nggak nyopet lagi soalnye ntu haram nyak”

“eh anak kecil tau ape lu ame haram atau halal, elu ude berani ceramahin gue ye?”

“ternyate bener ye isu ade rumah singgah di jalan pelem nyang cobe pengaruhi anak-anak sini?”

“be..babe, ini nggak bise dibiarin, be,,babe,,!” Ibu tiri Irma berteriak-teriak memanggil suaminya,
“ade ape sih nyak? Sang ayah terbangun dari tidurnya

“ini be si Irma ude terpengaruh perempuan pemilik rumah singgah itu, elu harus kesono be ajak orang-orang buat ngebubarin rumah singgah ntu. Ini harus dihentiin perempuan itu ude pengaruhin anak sini untuk tidak bekerja, anak-anak sini dilarang nyopet, kalu begitu mau makan ape kite”.
Sang ayah mulai terpengaruh wajahnya tegang menahan marah

“Ma baner nyang dibilang nyak lu?”

“bener be,”

“sini lu!” bentak sang ayah sembari menarik tangan Irma, dan beberapa detik kemudian tamparan keras juga melayang kewajah Irma”

“aduh..” Irma mengerang kesakitan pipinya memerah tangisnya pun membuncah.

“Be..!. mpok Laras orangnye baek, die menuntun anak-anak sini kejalan nyang bener, diajarinnye kite agame, disuruhnye kite tetap bekerje tapi nyang halal bukan yang haram !”

“Diemlu” bentak sang ayah”

“elu dirume aje, gue mau ajak orang-orang buat ngebubarin rumah singgah itu!” setelah berkata tubuhnya berlari keluar rumah.

“jangan be..!!” Irma menjerit namun tak kuasa menahan kepergian ayahnya.

Secepat kilat Irma juga berlari menghambur keluar rumah, tujuannya hanya satu kerumah singgah, ia ingin memberitahukan Mpok Laras.

Bagai kesetanan Irma berlari sekuat tenaga, beberapa blok telah terlewati dalam waktu sebentar, kebiasannya berlari menghindar dari keroyokan masa pada saat ia masih mencopet, menyebabkan ia mampu berlari tanpa terputus istirahat, dan dalam waktu singkat ia sudah berada dimuka rumah singgah.

“Assalamu’alaikum” Irma mengucapkan salam dengan nafas tersengal

“wa’alaikum salam” terdengar jawaban dari dalam rumah. Irma sudah tidak sabar ingin bertemu dengan Mpok Laras

“Mpok hati-hati hati mpok, gawat mpok gawat” Irma berkata nyerocos tanpa jeda
“ade ape ma, kok kayak dikejar setan”

‘gawat mpok babe aye ame beberapa preman mau kesini, mereka mau ngebubarin rume singga kite mpok.

semua yang berada didalam rumah serentak kaget, beberapa anak terlihat ketakutan,

“tenang semue tenang kite harus hadepin mereka, bayu elu coba kerumah Pak RW elu laporin ke beliau dan ajak beliau kesini, dan elu edi elu kerumah Pak lurah ye.. cepet sebelom terlambat.
“Baik Mpok” kemudian kedua anak itu berlari menunaikan tugasnya masing-masing.

“Dan elu Irma elu masuk aje kedalem, elu minum dulu air putih biar tenang, biar mpok nyang adepin preman-preman itu” Kata Mpok Laras masih dalam sikap yang tenang.

---oo0oo---

Suara orang berteriak-teriak terdengar dari kejauhan, beberapa orang lelaki dewasa berjalan tergesa dengan menghunus benda-benda tajam seperti pisau, golok dan tongkat-tongkat besi. Sementara Mpok Laras perempuan cantik berjilbab itu berdiri dengan tenang dan gagah di muka rumah singgah.

“eh elu nyang bername Laras..?

“iye aye Larasati mau ape Bapak-bapak datang kemari?”

“Eh laras denger nih ye.. elu berenti deh pengaruhin anak-anak sini baut nggak kerje”

“Eh sebentar bang,, aye nggak ngerase pengaruhin anak-anak buat nggak kerje, malah aye mendorong mereka kerje keras asal halal, kalu nyang abang maksud kerje adalah mencuri, mencopet, ngerampok, emang aye larang bang, soalnye itu haram di larang agame,

abang-abang juge pasti ude ngerti semua, apa Abang mau anak-anak abang pade nih masuk nerake semue?’ mpok laras menjawab dengan tenang dan tegas.

“Busyet dah banyak ngomong lu ye, ceramahin gue lagi”

“Be jangan be.. jangan.. jangan sakiti Mpok Laras Be die ude banyak berjasa buat anak-anak disini be!". Irma memelas memohon belas kasih ayahnya untuk Laras

“ude bang hajar aje!”, seru beberapa orang di belakang sambil berteriak-teriak

. Terprovokator oleh suara-suara di belakang menyebabkan ayah irma emosi, dan dengan gerakan cepat dia membacokkan golok yang ada di tangan dengan bacokan menyilang dari kanan kekiri, golok tajam berkilat meluncur dengan deras kearah leher Larasati, namun dengan gerakan yang tenang Larasati melangkahkan kaki kirinya kedepan, hingga tubuhnya dekat sekali dengan tubuh penyerang, bahkan ia dapat merasakan hembusan nafasnya, lalu secepat kilat di tangkapnya tangan yang sedang berayun itu dengan tangan kanannya pas dipersendian pergelangan tangan. Sejurus kemudian diputarnya sendi pergelangan tangan itu, di barengi dengan tendangan dengkul kaki kanan tepat mengenai kemaluan sipenyerang. Ayah Irma mengerang kesakitan selangkangannya seakan mau pecah, di tambah lagi tangannya seakan patah dicengkarm tangan perempuan hebat ini.
‘Elu semue mundur, kalo kagak lelaki ini, akan patah tangannye dan lehernye akan gue gorok” bentak Larasati kepada orang-orang, seraya melepaskan golok dari tangan ayah Irma dengan tangan kirinya, lalu menempelkannya ke lehernya, sementara tangan kanannya masih tetap memelintir pergelangan tangan Ayah Irma.

Orang-orang mengurungkan niat untuk mengeroyok, sementara ayah Irma semakin meraung kesakitan karena sendi pergelangan tangannya patah, semua terdiam seakan mematung di tempatnya masing-masing. Kejadian itu berlangsung beberapa saat, ditengah kevakuman ini munculah Pak RW dan Pak Lurah ternyata Bayu dan Edi berhasil membawa kedua orang itu kesini.

‘Ude stop apa-apaan ini, kenapa harus terjadi kejadian seperti ini, kalian semua tidak malu apa menyerang seorang perempuan, apalagi perempuan ini sudah sangat berjasa bagi kita semua!” suara Pak lurah keras sekali terdengar membahana.

“kalian semua tahu tidak bahwa rumah singgah ini berizin lengkap, dan saya sendiri memantau segala akitifitasnya, semua aktifitasnya baik, mereka mengajak anak-anak jalanan kearah yang baik, mereka membekali dengan berbagai keterampilan seperti membuat kerajinan tangan, bengkel mesin, letihan teknik bangunan dan lain-lain, itu semua dibawah pengawasan saya” suara Pak lurah sekarang lebih kencang lagi.

“kalian seperti ini kan karena kalian tidak tahu manfaatnya, kalian sudah terbiasa melakukan kegiatan yang negative, padahal mencari uang dapat kita lakukan dengan cara yang positif jika kita mau berfikir, nah rumah singgah ini sudah memikirkan itu, maka biarkanlah mereka bekerja dan kita nanti akan tahu manfaatnya, bukankah lebih enak menghasilkan uang dengan cara yang baik, halal dari pada menggunakan cara yang dilarang agama, sudah, sekarang bubar, dan saya minta beberapa orang yang saya panggil menghadap saya untuk mempertanggung jawabkan perbuatan kalian”

Lalu kerumunan bubar, sementara Irma masih berdiri terpukau kemudian berlari menghampiri ayahnya yang terkapar kesakitan di tanah.

---oo0oo---

Itu dahulu beberapa tahun yang lalu masih jelas terlintas dalam benak Irma masa-masa itu. Masa itu sekarang sudah lewat, saat ini masyarakat belakang Pasar Manggarai sudah tidak seperti dulu, daerah ini sekarang dikenal dengan centra produksi kerajinan tangan, dan sebuah koperasi besar dan kuat telah berdiri dengan Ayah Irma sebagai ketuanya. Kemakmuran dan ketaqwaan sudah berada di tangan.

Sedang dirinya saat ini semakin aktif menggerakkan kegiatan-kegiatan sosial melalui Rumah Singgah, dan beberapa organisasi sosial yang digelutinya, walau ia tidak melanjutkan sekolah di jalur formal namun ia sekarang dapat belajar Kejar Paket yang sebentar lagi akan lulus, namun ada yang mengganjal dalam hatinya hingga saat ini Alqur’an saku yang dicopet dari Mpok Laras belum dikebalikannya, dan ia menunggu saat yang tepat untuk mengembalikan padanya, pada orang yang sangat dikaguminya, orang yang sudah merubah jalan hidupnya bahkan jalan orang-orang dikampungnya

TAMAT

 Sang Penetes Embun batu licin 27 10 2014
Cerita ini hanya Fiktif jika ada beberapa nama tokoh dan tempat hanya kebetulan semata

Tidak ada komentar :

Posting Komentar